KERAJINAN YANG BERASAL DARI BARANG BEKAS

'RATEMU'
(Raket Tenis Multifungsi)




Di dalam pembelajaran Prakarya Kewirausahaan bab mendesain dan membuat produk kerajinan fungsi hias dari berbagai bahan limbah berdasarkan konsep prakarya. Disini, saya memanfaatkan berbagai barang bekas yang bisa diubah menjadi barang yang mempunyai nilai jual, bernilai guna tinggi, dan lebih menarik. Dalam kegiatan ini, kita juga dapat meningkatkan kekreatifitasan setiap individu untuk dapat mengolah barang-barang di sekitar kita agar bisa diolah menjadi barang yang lebih bermanfaat. 
Barang yang saya buat, saya menyebutnya 'RATEMU' yaitu singkatan dari Raket Tenis Multifungsi. Apa multifungsinya? pada bagian tabung atas, kita dapat menggunakannya sebagai tempat menaruh jarum-jaruman agar tidak berserakan. Pada bagian jaring raket, kita dapat menaruh foto atau sebagai gantungan kabel data atau cas, dan untuk menaruh kacamata. Banyak bukan?
Dari foto di atas, saya membuat barang-barang bekas yang ada di rumah untuk membuat barang yang sekiranya lebih menarik dan memiliki nilai guna dibanding dibiarkan tergeletak digudang dan menjadi sarang penyakit. Apakah anda tertarik untuk membuatnya dirumah ? jika anda tertarik, saya akan menjelaskan apa saja alat, bahan dan juga proses pembuatannya. Let's Check It Out !!

Alat dan Bahan :
1. Tali pramuka bekas
2.  3 Tabung alat gym 'Black Power' bekas
3. Raket tenis lapangan bekas
4. Lem tembak.
5. Pita (sebagai hiasan)
6. Pylox berwarna emas dan perak (atau bisa yang lain)

Proses Pembuatan :
1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
2. Pylox seluruh bagian dari raket tenis bekas dengan warna emas dan pylox tabung black power dengan warna perak.
3. Keringkan raket tenis dan tabung black power
4. Setelah kering, lilit dan tempel tali pramuka bekas pada gagang raket bagian atas dengan menggunakan lem tembak.
5. Setelah itu, tempel 1 tabung pada bagian bawah tali.
6. Gabungkan ujung 2 tabung yang tersisa dengan menggunakan lem tembak. Kemudian, tempel pada bagian bawah tabung nomor 1.
7. beri aksen pada bagian tengah 2 tabung dengan menggunakan pita sebagai penghias barang.
8. SELESAI! Anda dapat menambahkan aksen penghias yang lain sesuai selera seperti renda bulu berwarna dan lain-lain.

Mudah bukan? mungkin banyak sekali barang-barang bekas dirumah kalian yang bisa kalian olah menjadi sesuatu hal yang berguna dan pastinya mempunyai manfaat bisa untuk diri sendiri maupun orang lain. Atau bahkan barang hasil olahan barang bekas dapat diperjualbelikan kepada masyarakat sekitar karena mempunyai nilai jual dan keindahan yang fantastis. Dengan memperjualbelikan barang-barang yang telah kita buat, kita dapat mendapat pundi-pundi uang untuk membantu kehidupan sehari-hari. Apakah anda terinspirasi untuk mengolah barang-barang bekas di rumah anda? tingkatkan kekreatifitasan anda dan let's do it now! :)


























Komentar

Postingan Populer